CCBeloit

tempat berbagi info

Berbeda dengan ibadah haji, tour umroh tentunya dapat dilakukan kapan saja selama mereka yang hendak melakukannya memiliki kemampuan baik secara materi atau bahkan mental. Karena itulah dibandingkan dengan melakukan ibadah haji, lebih banyak para jemaah yang memulainya dengan melakukan ibadah umroh. Namun kapan kiranya waktu yang tepat untuk melakukan ibadah umroh tersebut? Berikut penjelasannya :

  1. Bulan Ramadhan

Tentunya setiap umat muslim ingin menikmati ibadah umroh dengan lebih khusyuk, apalagi jika hal tersebut dilakukan selama bulan ramadhan, yaitu bulan yang penuh berkah. Tidak hanya itu saja, bulan ramadhan juga memiliki nuansa yang lebih syahdu, sehingga menjadikan ibadah yang dilakukan jauh lebih baik dibandingkan waktu ibadah di bulan lainnya. Tidak heran jika banyak jemaah yang memilih bulan ramadhan untuk melakukan ibadah umroh, apalagi ada hadis yang menyebutkan bahwa ibadah umroh yang dilakukan di bulan ramadhan itu memiliki pahala yang sama dengan melakukan ibadah haji.

  1. Bulan Maret-Mei

Arab dikenal dengan dua musim kontras di dalamnya, yaitu musim panas yang umumnya terjadi pada bulan Maret hingga Agustus serta musim dingin yang akan berlangsung pada bulan September hingga Februari. Ketika memasuki musim panas, suhu di tanah suci tersebut dapat mencapai 45 derajat celcius, sedangkan pada musim dingin, suhu puncak dapat mencapai -3 derajat celcius. Karena itulah ada baiknya bagi anda untuk berangkat ibadah umroh pada bulan Maret hingga Mei yang mana cuaca di sana tidak terlalu panas atau bahkan terlalu dingin, sehingga ibadah pun dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

  1. Akhir tahun

Selain bulan Ramadhan, akhir tahun masehi yaitu bulan Desember juga dikenal sebagai waktu yang tepat untuk melakukan tour umroh terbaik. Dalam hal ini, dibandingkan dengan berpesta ria di akhir tahun, melakukan ibadah umroh sebagai bentuk mendekatkan diri pada sang pencipta yaitu Allah SWT jelas jauh lebih baik untuk dilakukan.

  1. Awal tahun

Sama halnya dengan ibadah umroh di akhir tahun, banyak pula jemaah yang memilih untuk melakukan ibadah umroh di awal tahun. Dalam hal ini, mengawali tahun dengan melakukan ibadah tentunya jauh lebih bermanfaat dan membawa berkah, serta sebagai cara untuk lebih dekat pada Allah SWT. Lebih dari itu, awal tahun umumnya suhu udara di tanah suci terasa tidak terlalu panas  pada siang hari, sehingga ibadah seperti halnya tawaf pun dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

  1. Sebelum musim haji

Sebelum musim haji yang umumnya jatuh pada Syawal hingga Dzulhijah juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan ibadah umroh. Hal ini berkaitan dengan suasana di tanah suci yang mulai sepi atau lenggang, sehingga ibadah dan do’a yang anda panjatkan pun dapat dilakukan dengan lebih khusyuk. Bahkan anda dapat melakukan ibadah serta do’a di tempat yang mustajab seperti halnya Hijr Ismail serta Maqam Ibrahim dan tidak harus berdesakan dengan jemaah lainnya.

Itulah kiranya beberapa pilihan dari waktu yang tepat untuk melakukan tour umroh dengan lebih khusyuk dan nyaman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *