CCBeloit

tempat berbagi info

Nasi Katering

Gaya hidup sehat yang belakangan marak di masyarakat juga tidak luput menyasar pada menu yang sehat pula. Apalagi jika menu sehat itu ada dalam nasi kotak yang praktis dan bisa dibawa ke mana saja. Sehingga terciptalah istilah nasi kotak sehat. Tentu saja untuk membuat menu nasi kotak yang sehat harus memenuhi persyaratan-persyaratan berikut. Apa saja itu? Yuk, mari simak!

Karbohidrat

Nasi kotak yang sehat itu tentunya harus mempunyai karbohidrat yang berfungsi sebagai bahan energi utama. Karbohidrat diperlukan karena nasi kotak itu yang kebanyakan merupakan makan siang. Dengan memakan karbohidrat akan mengembalikan kembali energi yang hilang setelah beraktivitas padat di pagi hari. Karbohidrat ini bisa didapatkan pada nasi. Selain nasi, juga ada pada mi, singkong, ubi, dan gandum.

Protein

Jika mengikuti gaya hidup sehat, selain karbohidrat tentu juga harus ada protein. Sebab, karbohidrat saja tidak cukup. Protein berguna untuk mengatur metabolisme tubuh, dan terbagi dalam dua, yaitu nabati dan hewani. Untuk mendapatkannya bisa di daging, telur, dan ikan.

Lemak

Karbohidrat sudah, protein sudah namun rupanya juga ada lemak dalam menu nasi kotak yang sehat. Karena lemak ternyata dibutuhkan untuk mengatur penyerapan vitamin, membran sel tubuh hingga menjaga kekebalan tubuh. Meski begitu, upayakan pilih lemak yang baik yang diperoleh melalui makanan yang dikukus.

Vitamin

Wajib hukumnya juga menu sehat itu ada vitaminnya karena vitamin mempunyai fungsi yang berkaitan untuk penyerapan seluruh zat gizi dalam tubuh. Vitamin juga berperan penting dalam metabolism tubuh. Apabila vitamin tidak ada, tubuh akan terasa lemas dan berdampak buruk bagi kesehatan. Cara mendapatkan vitamin cukup mudah. Sertakan saja sayur-sayuran, buah-buahan, susu, dan keju.

Mineral

 

Inilah elemen terakhir yang wajib untuk menu nasi kotak yang sehat. Mineral sangat diperlukan untuk pertumbuhan terutama anak-anak. Karena itu, pastikan menu mereka mengandung mineral yang di dalamnya terdapat seng dan selenium. Cara mendapatkannya adalah pada jamur, ikan, wortel, pisang, semangka, dan makanan laut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *