CCBeloit

tempat berbagi info

Penggunaan Learning Management System untuk Bisnis

Learning management system atau seringkali disingkat dengan sebutan LMS adalah sistem yang digunakan untuk mengelola bentuk catatan pelatihan serta pendidikan dalam bentuk perangkat lunak. Perangkat lunak yang dimilikinya itu sendiri dikenal sebagai aplikasi learning management software yang kemudian digunakan dalam proses distribusi program dengan jaringan internet dan juga menggunakan fitur kolaborasi dengan cara online. Sementara itu, pada pelatihan korporasi, sistem yang satu ini umumnya digunakan dalam proses otomatisasi pencatatan, serta pendaftaran yang dilakukan oleh para pekerja atau karyawan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa bentuk dimensi yang digunakan untuk mempelajari sistem manajemen yang ada di dalamnya, seperti halnya :

  • Student self service, yang terdiri dari kegiatan registrasi secara mandiri dan juga dipimpin langsung oleh instruktur pelatihan tertentu.
  • Pelatihan untuk alur kerja seperti halnya pemberitahuan proses penggunaan, kemudian persetujuan dari pihak manajer, serta daftar tunggu dari pihak manajemen dan lainnya.
  • Penyediaan pembelajaran dengan sistem online, seperti pelatihan dengan basis dasar komputer, proses membaca hingga pemahaman
  • Bentuk penilaian bisnis yang dilakukan secara online,
  • CPE atau lebih dikenal sebagai kegiatan manajemen dari pendidikan profesional yang dilakukan secara berkelanjutan.
  • Proses pembelajaran kolaboratif, seperti penggunaan aplikasi platform online learning, serta kegiatan diskusi.
  • Pelatihan yang ditujukan bagi manajemen SDM, dimulai dari keberadaan instruktur, peralatan serta fasilitas yang mendukungnya.

Selain beberapa hal di bagian atas tadi Learning Management System untuk bisnis juga dapat digunakan dalam proses regulasi industry, seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan besar dari layanan jasa keuangan serta biopharma dalam hal pelatihan kepatuhan. Bahkan dalam bidang pendidikan pun, sistem manajemen e-learning ini juga digunakan untuk membantu meningkatkan serta mendukung setiap kegiatan serta program belajar yang dilakukan di dalam kelas atau bahkan layanan kursus dengan jumlah jangkauan populasi yang lebih luas dan menyeluruh.

Sementara itu, untuk learning management system yang terdapat di perusahaan bisnis atau tempat kerja umumnya ditujukan bagi bentuk penilaian karyawan, kemudian analisis keterampilan, manajemen kompetensi, perencanaan suksesi bisnis, atau bahkan penilaian bisnis dalam bentuk multi rater yang juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform online learning perusahaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *