CCBeloit

tempat berbagi info

Contoh kontainer jasa freight forwarding

Berbicara mengenai layanan jasa freight forwarding tentunya tidak lepas dari beragam pilihan layanan jasa yang ada. Seperti yang masyarakat Indonesia ketahui, jika sebelumnya hanya Pos Indonesia saja yang dikenal oleh masyarakat kini mulai banyak layanan jasa untuk proses pengiriman barang yang hendak anda lakukan. Selain itu, setiap layanan jasa tersebut pun hadir dengan beragam penawaran yang berbeda antara satu dengan lainnya. Tidak heran jika kehadirannya pun dikenal dengan berbagai macam layanan yang turut berbeda pula, tidak percaya? Simaklah beberapa pembagian mengenai layanan jasa yang dapat penulis jelaskan berikut ini

Pembagian layanan jasa pengiriman barang dari segi pengelola

Jika dilihat dari segi pengelola, layanan jasa untuk pengiriman barang dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu layanan jasa yang dikelola oleh pihak pemerintah, dan juga layanan jasa yang dikelola oleh pihak swasta. Untuk layanan jasa yang dikelola oleh pemerintah dikenal dengan nama Pos Indonesia, sedangkan layanan jasa yang dikelola oleh pihak swasta hadir dengan nama perusahaan yang lebih beragam, seperti halnya TIKI, JNE, Pandu Logistik, Wahana, JNT, dan juga beragam layanan jasa lainnya.

Pembagian layanan jasa pengiriman barang berdasarkan jalur transportasi

Selain pembagian yang dilakukan dari segi pengelola, proses pengiriman barang pun umumnya dibedakan berdasarkan jalur transportasi yang digunakannya. Di Indonesia sendiri ada 3 jalur utama yang paling banyak digunakan oleh layanan jasa untuk pengiriman barang tersebut yaitu :

  • Transportasi darat, umumnya dilakukan dengan menggunakan kendaraan-kendaraan darat seperti sepeda motor, mobil, elf, colt, tronton, truk, dan lainnya.
  • Transportasi laut, dalam proses pengiriman barang yang dilakukan melalui jalur laut, umumnya dilakukan dengan menggunakan kapal feri, atau pun kapal muatan, dan jenis kapal lainnya.
  • Transportasi udara, karena pada proses pengiriman barang yang satu ini dilakukan dengan menggunakan pesawat khusus untuk angkut barang, maka layanan jasa umumnya akan bekerjasama dengan pihak maskapai penerbangan.

Pembagian layanan jasa pengiriman barang berdasarkan rute pengiriman

Jika pada bagian di atas menjelaskan pembagian berdasarkan pengelola, kemudian jalur transportasi yang digunakan, maka pada bagian yang satu ini adalah penjelasan mengenai layanan jasa yang dibagi berdasarkan rute pengiriman yang dimilikinya, berikut penjelasan singkatnya :

  • Rute pengiriman antar kota

Untuk jasa pengiriman antar kota dapat dilakukan antar kota besar seperti halnya Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Cirebon, Malang, dan kota-kota besar lainnya.

  • Rute pengiriman antar pulau

Untuk pengiriman barang yang dilakukan antar pulau, umumnya terdiri dari rute Jakarta – Kalimantan, Jakarta – Sumatera, Jakarta – Bali, Jakarta – Papua, dan juga rute pengiriman antar pulau lainnya.

  • Rute pengiriman antar negara

Selain jasa pengiriman di bagian atas tadi, ada pula rute antar negara yang bisa anda gunakan, yaitu pengiriman dari negara yang satu menuju negara lainnya. Namun untuk layanan jasa yang satu ini umumnya memiliki tarif yang lebih tinggi dibandingkan dengan tarif ongkos dari pengiriman barang lainnya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beragam jenis layanan jasa freight forwarding yang ada di Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *